Bukit Pengilon Jogja

Perjalanan ke Wisata Bukit Pengilon Sangat Memuaskan Mata

Tempat Wisata Alam ke Wisata Bukit Pengilon – Jika mendengar soal Gunung Kidul yang terbesit di pikiran pastitentang wisata pantainya yang luar biasa menakjubkan. Tak mengherankan, karena Gunung Kidul sendiri memang berada di kawasan pesisir sehingga sangat mudah untuk bertemu dengan pantai. Dari semua destinasi pantai di Gunung Kidul ada satu yang menarik yakni Bukit Pengilon. Bagaimana rupa destinasi ini, benarkah sebegitu menarikseperti yang banyak orang sebut-sebut? Yuk simak penelusurannya berikut, ini.

Menjelajahi Bukit Pengilon yang Mempesona

Bukit Pengilon atau juga sering disebut pantai Bukit Pengilon merupakan destinasi wisata menarik yang ada di kawasan pesisir Gunung Kidul. Meskipun sering disebut sebagai pantai, namun jangan berharap dapat menemukan pasir di Bukit Pengilon. Sebab, Bukit Pengilon ini sendiri sebetulnya merupakan area perbukitan yang dipenuhi rerumputan hijau yang cukup luas dan berada di tepi laut selatan yang begitu luas. Karena keindahannya, pengunjung juga menjuluki Bukit Pengilon ini dengan sebutan Pengilon Hill. Nama Pengilon sendiri diambil dari sebuah batu yang berbentuk sepertipengilon yang dalam bahasa Indonesia memiliki makna sebagai cermin.

Wisata Bukit Pengilon
Wisata Bukit Pengilon

Dari Bukit Pengilon kabupaten Gunung Kidul, ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan dan nikmati. Seperti menikmati pemandangan gunung Batur, sebuah gunung api purba yang tak lagi aktif namun memiliki pesona menarik yang menakjubkan. Dari atas bukit, Anda pun juga bisa menikmati pemandangan pantai di pesisir Gunung Kidul yang sangat mempesona, seperti Pantai Wediombo, Pantai Watu Lumbung dan juga Pantai Nampu. Tak hanya itu saja suasana alam yang masih terjagadiBukit Pengilon sunset yang terlihat begitu menakjubkab sehingga banyak para pemburu sunset yang menjadikan Bukit Pengilon sebagai tempat hunting foto sunset paling menarik.

Selan jadi tempat menarik untuk hunting foto, Bukit Pengilon kabupaten Gunung Kidul ini juga sering dijadikan sebagai tempat camping para pecinta alam. Sebab suasananya yang masih sangat alami hampir tanpa fasilitas modern membuat banyak orang suka camping di Bukit Pengilon. Ditambah lagi area yang terbilang luas dan lapangserta berada di tepi pantaj membuat acara campingdi Bukit Pengilon memberikan pengalaman berbedayang seru dan asyik.

Fasilitas dan Tiket Masuk Bukit Pengilon

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di Bukit Pengilon, mungkin akan membuat Anda sedikit kecewa. Sebab tempat menarik yang satu ini belum memiliki fasilitas umum yang memadai. Hanya ada beberapa gubuk yang dibuat oleh penduduk sekitar untuk berteduh di siang hari. Tapi tempat ini jadi tempat camping buruan para pecinta alam, justru karena suasananya yang masih alami.

Harga tiket masuk Bukit Pengilon sendiri terbilang terjangkau, Anda cukup membayar retribusi sekitar Rp 5.000,- untuk tiap orangnya. Sedangkan untuk parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,- untuk roda dua, dan Rp 5.000,- untuk roda empat. Dengan suguhannya yang mempesona, harga tiket tersebut tentu tak sebanding dengan pengalaman menarik yang akan Anda dapatkan.

Nah apabila ingin liburan ke jogja bersama keluarga atau rombongan bersama teman teman di Kota Yogyakarta sudah banyak biro perjalanan wisata yang penyediakan paket wisata jogja ke wisata bukit pengilon ini serta tujuan wisata lainnya yang ada di Jogja.

Rute Menuju Bukit Pengilon

Bukit Pengilon memang destinasi yang masih baru sehingga tak banyak orang yang tahu terlebih lagi letaknya yang cukup tersembunyi. Lokasi Bukit Pengilon sendiri berada di dusun Ngelo, Desa Balong, Girisubo, Gunung Kidul –Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Jogja sekitar 80 km, yang bisa ditempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Letaknya yang tersembunyi di bawah kaki gunung api purba Batur membuat akses rute menuju Bukit Pengilon belum dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor sehingga membutuhkan sedikit tenaga tambahan.Karena itu kendaraan yang dibawa harus diparkir lebih jauh dari lokasi wisata daan Anda harus berjalan kaki untuk sampai di Bukit Pengilon tersebut.Untuk sampai ke Bukit Pengilon Anda dapat memanfaatkan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Dan berikut rute Bukit Pengilon yang bisa Anda jadikan pedoman untuk menemukan lokasi wisata tersebut.

Bukit Pengilon
Bukit Pengilon

Dimulai dari pusat kota Jogjakarta menuju ringroad Wonosarike arah Sampaan kemudian Piyungan. Dari Piyungan ke Bukit bintang tembus ke Patuk melewati Sambipitu terus ke arah Bunder. Diteruskan sampai ke Gading – Siono – Wonosari tembus di Jl. Baron lalu ke Mulo dilanjutkan ke Tepus sampai ke Purwodadi dan sampai ke Balong. Dari Balong lanjut menuju pasar Jepitu, sampai dipertigaan pilih arah Pantai Wediombo. Sehabis dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR), lanjut lagi tapi belok kanan sebelum sampai di pantai Wediombo dan Anda akan menemukan jalanan sudah dicor blok. Masih lanjut lagi di area ladang penduduk sekitar, lalu belok kiri ke arah kiri menuju pantai Watu Lumbung. Nah disini Anda bisa memarkirkan kendaraan yang dibawa, sebab jalanan selanjutnya merupakan tracking yang berbahaya jika dilalui kendaraan bermotor dan Anda pun akan segera menikmati Pantai Bukit Pengilon.

Sebetulnya ada rute lain menuju Bukit Pengilon yang bisa Anda coba, yakni melalui Pantai siung. Namun Anda harus berjalan lebih jauh untuk sampai di Bukit Pengilon tetapi dengan kondisi jalan yang jauh lebih baik.

Demikian informasi singkat tentang menariknya Bukit Pengilon Kabupaten Gunung Kidul.Untuk menjelajahi destinasi yang satu ini tak hanya dibutuhkan tekad saja tetapi juga fisik yang prima. Agar jangan sampai tumbang sebelum bisa mengeksplorasi indahnya Bukit Pengilon. Selain itu karena minimnya sarana dan prasarana, lebih baik persiapkan barang bawaan yang sekiranya penting. Menjelajahi destinasi wisata itu tak perlu harus mahal, karena yang dicari adalah kepuasannya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Ke Teman-Teman Ya!