Pesona 9 Tempat Wisata Di Dekat Taman Pintar Jogjakarta

Siapa saja yang datang berwisata ke Yogyakarta pasti di rekomendasikan untuk mengunjungi taman pintar Jogja. Namun, apa saj sih yang bisa di lakukan di daerah taman pintar ini? Apakah hanya sekedar taman biasa yang bisa dijumpai dimana saja? Adakah bedanya dengan jenis taman-taman yang lainnya? Tentu saja taman pintar ini memiliki nuansa tersendiri yang layak untuk dinikmati dan dikinjungi sebagai sebuah spot terbagus di Jogja. Tidak ha nya itu, ada beberapa tempat wisata dekat taman pintar yang bagus untuk dikunjungi juga, loh. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta

Tempat Wisata Di Yogyakarta Dekat Taman Pintar

1. Maliboro

Apa yang anda ketahui tentang maliboro? Sebuah jalanan yang panjang untuk berbelanja? Yap, memang disni ada banyak yang bisa dibeli dan dibelanjakan. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa tidak akan lengkap seseorang yang sedang berlibur ke kota Gudeg Jogjakarta tanpa mampir dan singgah terlebih dahulu di maliboro untuk nongkrong, mencicipi wisata kuliner dan juga mencari dan berburu oleh-oleh. Maliboro adalah surganya oleh-oleh yang mana kan banyak dikunjungi wisatawan yang ingin mencari cinderamata unik khas jogja.

2. Pasar Beringharjo

Jika anda sudah sangat capek, lelah dan puas seharian berjalan-jalan ke candi, pantai, air terjun, gunung beserta museum yang ada di Jogja, kenapa tidak mencoba mengunjungipasar beringharjo? Karena disini anda bisa merasakan nikmatnya berburu oleh-oleh yang disediakan di kota gudeg ini. Karena seperti yang kita tahu, kawasan pasar beringharjo di maliboro ini memang salah satu tempat yang merupakan surga bagi para sophaholic atau pecinta belanja.

Ada banyak oleh-oleh untuk wisatawan paket wisata jogja berupa barang menarik yang bisa didapatkan dan dibeli disni. Karne disnilah di pasar beringharjo, salah satu pasar yang terbesar di kawasan Jogja yang pastiny abakal menyediakan beragam jenis oleh-oleh yang beneran khas Jogja. Karena itulah mengapa jika anda sedang berada di kawasan maliboro, wajib loh mengunjungi pasar beringharjo ini. Jangan sampai tidak mengunjunginya ya! Karena akan ada banyak oleh-oleh menarik yang bisa anda berikan kepada keluarga dan kerabat yang belum sempat mengunjungi dan menikmati indahnya Jogja.

3. Museum Benteng Vredeburg

Ya, salah satu tempat wisata dekat taman pintar lainnya yang masuk ke dalam kategori yang wajib dikunjungi adalah museum benteng vredeburg. Ada banyak peninggalan bersejarah yang bisa dinikmati keindanhannya disni. Bahkan ada beberapa dorama yang kian menyatu antara satu dengan yang lainnya yang akan berhasil membuat anda takjub dan terpesona. Jam buka yang fleksibel, dimana bisa dikunjungi kecuali hari senen dan libur nasional serta tiket masuk yang harganya tidak terlalu mahal, menyebabkan ramainya kunjungan dari pengunjung lokal maupun asing. Kenapa anda tidak menjadi bagian dari sejarah berdirinya Jogja ini?

4. Kilometer Nol

Nama tempat ini memang cukup unik dimana akan berhasil memancing para wisatawan untuk mengunjungi dan betah berlama-lama disni. Walaupun disni hanya berupa tempat yang nyaman dan sangat cocok untuk dijadikan spot tempat berselfie ria bersama keluarga dan rombngan. Tapi memang tempat wisata yang satu ini sangat disayangkan jika tidak dikunjungi. Jadi, sangat ramai jika sudah berujung sore hingga malam, karena banyaknya wisatawan yang bersantai di jajaran bangku panjang disepanjang kawasan kilometer nol ini. Tidak percaya? Coba deh kunjungi sendiri!

5. Museum Sonobudoyono

Ini merupakan salah satu museum yang terbaik dimana didapuk menjadi museum terlengkap setelah museum Indonesia. Bagus bukan? Museum ini sendiri bersifat umum karena memuat banyak jenis benda bersejarah yang bisa dijadikan pembelajaran dan juga untuk dinikmati sebagai tempat wisata. Sekarang museum ini dibagi menjadi 2 karena ada di dua tempat. Ada bnayk benda-benda bersejarah yang bisa anda lihat dan pelajari di museum ini. Sangat cocok untuk tempat rekreasi keluarga.

6. Museum Keraton Jogja

Ini merupakan museum yang berada di tengah-tengah kota Jogja, letaknya juga tidak jauh dari alun-alun Jogja. Museum ini merupakan museum penggilan Sri Sultan yang identik dengan kebudayaan dan adat Jawa, ada 4 jenis museum yang bisa anda dapatkan di dalam museum Jogja ini. Bebebrapa kleksi Sri Sultan ada di dalam museum tresebut beserta banyaknya koleksi batik dan juga koleksi kristal kerajaan. Penasaran ingin melihat ratusan koleksi peninggalan budaya ini? Yuk kunjungi segera museum Jogja.

7. Keraton Jogja

Keraton Jogja ini merupakan salah satu kediaman resmi keluarga kerajaan pada masa lalu yang syarat akan budaya dan sejarah. Walaupun sebenarnya kesultanan yang ada di Jogja secara resmi telah menjadi satu dnegan bergabung bersama NKRI pada tahun 1950, hanya saja kompleks keraton Jjga ini tetap menjadi kediaman para penghuni keraton dan sampai sekarang masih tetap meneruskan dan melakukan beberapa ritual adat keraton. Ini juga merupaakan salah satu tempat wisata favorit para wisatawan asing maupun lokal bagi mengupas budaya dan kindahan Jogja. Ini juga merupakan salah satu bangunan yang memiliki arsitektur terbaik khas jawa yang sangat baik dan menjadi lambang khas kota Jogja.

8. Alun-Alun Kidul

Salah satu kerajaan Islam yang lumayan berjaya pada masanya adalah kesultanan yogyakarta ini, dan disni anda akan menemukan sebuah alun-alun yang cukup luas dan indah. Dimana alun-alun keraton ini ada 2 bagian yaitu alun-alun pada bagian depan yaitu alun-alun utara dan alun-alun pada bagian belakang yang dinamakan alun-alun selatan. Kedua jenis alun-alun di keraton ini memiliki beragam fungsi masing-masing. Alun-alun kidul ini merupakan tempat untuk bersantai atau beristirahat bagi dewa kepercayaan masyarakat kuno. Maka hingga kini alun-alun kidul ini sering mendapat julukan tempat menentramkan ati (ngleremke ati).

9. Taman Sari

Ini merupakan salah satu tempat wisata taman air yang populer dikalangan penduduk lokal maupun asing di Jogja. Tempat ini seperti sebuah istana yang berada dengan keindahan taman air yang memukau. Tak jarang banyak yang menggunakan tempat ini sebagai tujuan untuk berfoto bahkan ada juga yang menggunakan tempat ini sebagai tempat prawedding saking indahnya susasan disekitar taman sari. Ada beberapa hal yang wajib anda nikmati jika berkunjung ke taman sari ini bebrapa diantaranya adalah umbul binangun yang merupakan bangunan disebelah taman air atau danau buatan yang ada di taman sari dan tentunya anda juga harus menikmati keindahan dari taman air tersebut. Bahkan di taman sari ini kamu bisa menikmati adanya sebuah pemandian dengan danau buatan yang tidak kalah indah dan menabjubkan.

Nah, demikianlah 9 daftar tempat wisata dekat taman pintar Jogjakarta yang wajib menjadi salah satu daftar paket tour jogja yang ada di dalam perjalanan kamu. Karena tanpa mengunjungi spot-spot yang telah kami berikan diatas maka anda akan sangat merugi hanya datang ke Jogja tanpa mengenal dan menikmati keindahan tempat sekaligus warisan budaya yang ada disni.

Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem: Lokasi, Rute & Harga Tiket Masuk

Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul – Bila menjelajahi Bantul, memang tak lengkap rasanya kalau belum mampir ke kawasan Mangunan. Mengapa? Karena ada banyak pesona alam menarik yang sayang jika tak masuk list kunjungan. Tak hanya Bukit Panguk Kediwung dan Jurang Tembelan saja yang wajib disinggahi tetapi ada destinasi lain juga di Mangunan yang patut dikunjungi, yakni Bukit Mojo Gumelem. Semenarik apa sih, Bukit Mojo Gumelem Bantul ini? Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Gardu Pandang Nan Ikonik

Bukit Mojo Gumelem atau juga dikenal dengan sebutan Bukit Mojo Imogiri ini mulai diperkenalkan sejak awal tahun 2016.Hampir berbarengan dengan Bukit Panguk Kediwung, dan resmi dibuka untuk umum pada bulan Juli 2016. Destinasi wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Mojo Bantul inimemiliki banyak spotfoto yang menarik yang dibangun di tepi jurang yang bersebelahandengan Sungai Oyo. Meskipun terlihat sama seperti Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo Gumelem ini memiliki keunikan tersendiri di dua bagian gardu pandangnya.

Keunikan kedua gardu pandang tersebut ada pada desainnya yang sangat eye catching. Ada yang menyerupai sarang burung dan satunya lagi mirip seperti bunga matahari yang berukuran raksasa. Karena keunikannya tersebut Bukit Mojo Gumelem ini sampai – sampai menjadi trending topik di social media terutama instagram. Bagaimana tidak? Setiap sudut di Bukit Mojo Bantul ini memang menghasilkan foto yang menakjubkan, kalau bahasa kekinian sering disebut instagenic.

Selain berselfie atau wefie, disini Anda juga bisa berburu sunset. Meskipun peristiwa tenggelamnya matahari di ufuk barat tak terlihat sempurna, namun pemandangan yang disuguhkan tak kalah cantik menawan. Sehingga kalau Anda jalan-jalan ke Mangunan, sayang kalau tak menyempatkan diri mampir ke destinasi menarik yang satu ini.

Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul
Bukit Mojo Gumelem Dlingo Bantul

Bagi wisawan dari luar kota jogja untuk liburan ke jogja lebih baiknya menggunakan biro perjalanan wisata yang ada di jogja karena sudah banyak pilihan paket wisata jogja nya dan tinggal pilih sesuai dengan yang sudah direncakakan, agar liburan anda dan keluarga dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

Alamat dan Rute Bukit Mojo Gumelem

Beralamat di Gumelem, pedukuan Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul – Daerah Istimewa Jogjakarta. Lokasi Bukit Mojo Gumelem ini sebetulnya masih satu jalur dengan Bukit Panguk Kediwung dan Kebun Buah Mangunan jadi tak sulit untuk menjangkaunya baik dengan kendaraan pribadi.

Namun untuk ke Bukit Mojo Gumelem-nya sendiri, akses jalan sedikit lebih menantang.Untuk menuju ke area Bukit Mojo Bantul ini perlu sedikit usaha karena jalannya berbatu dansedikit menanjak. Tetapi semuanya bakal terbayar lunas ketika sudah sampai di gardu pandangnya, sebab hamparan hijau pepohonan dan sawah serta aliran sungai Oyo sudah menanti.

Berjarak kurang lebih sekitar 24 km dari pusat kota Jogja, rute menuju Bukit Mojo Gumelem ini tak sulit untuk ditempuh karena banyak papan penunjuk jalan yang dapat menjadi petunjuk. Jika Anda berangkat dari Jogja berikut rute yang bisa ditempuh, baik dengan roda dua maupun roda empat.

Dimulai dari Terminal Giwangan,lalu menujukearah Jl.Imogiri Timur. Setelah sampai di pertigaan pasar Imogiri pilih jalur kiri dan sampai di sebuah pertigaan yang menuju makam RajArajpilih lajur kanan yang menuju arah Mangunan. Kemudian setelahnya ikuti terus jalan tersebuthingga di Tugu Mangunan, kemudian belok kanan menuju ke kebun buah Mangunan. Setelahnya ikuti petunjuk yang ada dan Anda akan sampai ke Bukit Mojo Gumelem.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Bila mendengar nama Bukit Mojo Bantul atau Bukit Mojo Gumelem memang belum terlalu populer jika dibandingtempat wisata di Bantul lainnya seperti Bukit Panguk Kediwung, Kebun Buah Mangunan atau Jurang Tembelan. Namun jangan salah, Bukit Mojo Mangunan ini pun sudah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Seperti sarana MCK, warung makan dan area parkir yang cukup luas.

Untuk Harga Tiket Masuk Bukit Mojo Gumelem terbilang murah dan sangat terjangkau hanya sekitar Rp 3.000,- an saja dan biaya parkir sebesar Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- untuk mobil.Namun jika Anda ingin berfoto di gardu pandangnya yang unik seperti di gardu kapal atau bunga raksasa, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 3.000,- an untuk tiap orang-nya. Selain kedua spot tersebut, semua spotnya bisa dinikmati untuk berfoto secara gratis.

Bukit Mojo Gumelem yaang belakangan menjadi spot menarik yang lagi hits di Bantul, memang menawarkan pesona yang menakjubkan. Jika Anda ingin menjelajahinya disarankan pilih waktu pagi atau menjelang sore karena sinar matahari tak terasa begitu terik. Tapi kalau ingin pergi siang hari, jangan lupa bawa sunscreen dan juga topi agar tak terbakar sinar matahari. Dengan akses jalan menanjak dan berbatu, disarankan agar menggunakan kendaraan yang prima. Sebab, sekali lagi akses jalan memang cukup berbatu sehingga licin ketika hujan tiba.Sekian informasi tentang wisata Bukit Mojo Gumelem Bantul, semoga bermanfaat.

Bukit Teletubbies Jogja

Bukit Teletubbies Jogja Tempat Asik Rekreasi Anak

Bukit Teletubbies Prambanan Yogyakarta – Jogja memang selalu menawarkan destinasi wisata yang menarik dan penuh kejutan. Seperti yang ada di kawasan Prambanan, yang memiliki nama Bukit Teletubbies.Unik bukan namanya, sekilas terdengar seperti seperti serial televisi yang pernah populer di awal tahun 2000an. Seperti apa menariknya destinasi wisata yang satu ini, yuk intip keseruan menjelajahi Bukit Teletubbies Prambanan berikut ini.

Keindahan Bukit Teletubbies yang Menawan

Destinasi wisata yang satu ini memang menarik dan cukup menarik perhatian, tak hanya karena namanya yang terinspirasi dari serial televisi populer. Tetapi juga karena pemandangan yang ditawarkan terbilang sangat mempesona. Apalagi jika Anda datang menjelang sore hari, sunset view yang ditawarkan begitu cantikdan mengagumkan.

Dari Bukit Teletubbies ini tak hanya fenomena alam matahari tenggelam saja yang bisa dinikmati sebab masih ada banyak hal yang menarik. Seperti ikon nama Bukit Teletubbies yang eye catching dengan warna-warni mencolok yang bisa jadi spot foto yang instagenic banget. Lalu ada gardu pandang yang bisa banget buat menikmati pemandangan kota Jogja dan gunung Merapi dari kejauhan. Ada gazebo untuk bersantai sambil menikmati senja dan beristirahat saat lelah menjelajahi Bukit Teletubbies Jogja. Dan buat Anda yang membawa serta anak saat berkunjung ke sini, tak perlu khawatir akan merasa bosan karena di Bukit Teletubbies juga disediakan taman bermain yang seru dan mengasyikkan.

Wisata Anak Bukit Teletubbies Jogja
Wisata Anak Bukit Teletubbies Jogja

Berbeda dengan Bukit Teletubbies Jogja Candi Abang yang berada di Berbah, Bukit Teletubbies Prambanan ini menjadi spot untuk menikmati suasana Rumah Teletubbies Prambanan. Bentuk rumah tersebut seperti kubah, makanya juga sering disebut sebagai Kampung Dome. Rumah unik ini tadinya dibangun untuk korban gempa Jogja, yang didesain tahan gempa dan api. Karena keunikannya tersebut kini Rumah Teletubbies Prambanan jadi destinasi wisata yang seru dan murah meriah. Pastinya Bukit Teletubbies Prambanan ini menyuguhkan pesona yang sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa dijelajahi terlebih dahulu.

Nah apabila saat liburan sekolah alangkah baiknya anak diajak rekresasi agar tidak penat dalam belajar sehari hari, apabila ingin liburan ke jogja bersama keluarga atau secara rombongan bisa dengan pilihan paket wisata jogja yang sudah banyak yang disediakan biro perjalanan wisata di jogja.

Alamat dan Rute Bukit Teletubbies Jogja

Rute Menuju Bukit Teletubbies Jogja ini tak susah untuk dijangkau meskipun letaknya berada di daerah perbukitan yang berjarak kurang lebih 21 km dari pusat kota Jogja. Untuk lokasi Bukit Teletubbies ini sendiri berada di Dsn. Nglepen, Ds. Sumberharjo, kec. Prambanan, Kab. Sleman – Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Bukit Teletubbies Prambanan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam saja. Berikut Rute Bukit Teletubbies Jogja yang bisa Anda ikuti agar perjalanan cepat sampai tujuan.

Dari pusat kota Jogjamelalui Jl. Sultan Agung lanjut ke Jl. Kusumanegara hinggaJl. Janti diteruskan ke Jl. Maguwo. Dari situ lanjut ke Jl. RayaBerbah – Prambanan, setelah sampai di Jl. Piyungan – Prambananarahkan ke kiri sampai di sebuaah Perempatan Jlatren kemudian belok ke kanan lanjut lurus mengikuti penunjuk jalab ke wisata Bukit Teletubbies Jogja.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies

Menjadi salah satu destinasi wisata menarik dan kekinian di Jogja, Bukit Teletubbies ini pun juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Berikut beberapa fasilitas yang dimiliki di antaranya.

  • Gardu pandang
  • Taman bermain
  • Gazebo
  • Tempat duduk
  • Fasilitas MCK
  • Mushola
  • Tempat parkir

Untuk menikmati pesona wisata ini Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies Jogja ini Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup mengisi identitas pada buku tamu dan memberikan dana kebersihan seikhlasnya saja. Sedangkan untuk parkir roda dua dikenakan tarif Rp 2.000,- dan untuk roda empat sebesar Rp 5.000,- saja. Jalan menuju Bukit Teletubbies ini memang sudah bagus, tetapi saat hampir ke lokasi jalanan agak sedikit terjal dan berbatu. Untuk itu berhati-hatilah saat berkendara dan utamakan keselamatan. Semoga bermanfaat.